Home » » Kelebihan dan kelemahan AVG anti virus

Kelebihan dan kelemahan AVG anti virus

Written By syam sainal on Saturday, February 9, 2013 | 9:56 PM

Di Internet, banyak review yang diberikan tentang berbagi merek antivirus taerbaik beredar di pasaran urutan rangkin antivirus tersebut juga naik turun. namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan share nama-nama antivirus dan rangkingnya melainkan saya akan mencoba share satu antivirus yaitu AVG Anti Virus.

Kelebihan AVG Antivirus
Keunikan AVG dari antivirus lain ialah LinkScanner. Guna LinkScanner adalah men-scan tautan pranala saat menjelajah di dunia maya. Link Scanner berfungsi dengan baik pada peramban Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Selain itu, kelebihan dari AVG adalah tersedianya fitur Anti-Rootkit. AVG sebagian besar hanya akan men-karantina virus yang dideteksi,tidak seperti antivirus lain yang dapat menghapus saat pendeteksian. AVG memang kuat pada pendeteksian, tetapi sering dinilai lambat dalam pemindaian. Tapi AVG sudah memiliki fitur yang lengkap perihal keamanan. Jadi sistem proteksi pada AVG dinilai lengkap dan canggih.

Kelemahan AVG Antivirus
Berdasarkan pengalaman pengguna di Indonesia, ada beberapa titik kelemahan AVG Antivirus yang perlu Anda pertimbangkan.

  • Memiliki ketergantungan yang sangat tinggi terhadap operating system. Oleh karena itu, apabila operating systemnya bermasalah, AVG Antivirus juga akan ikut bermasalah. Tentu saja ini akan sangat menggangu karena bisa jadi ketika sebuah operating system bermasalah, file-file di dalam komputer tersebut bisa terbaca sebagai virus oleh AVG.
  • Beberapa kali tercatat AVG membaca file.exe dan menganggapnya virus. Padahal, belum tentu file tersebut benar-benar virus. Hal ini disebabkan karena AVG tersebut mengalami eror saat melakukan scanning. Atau bisa jadi AVG tersebut juga terinfeksi virus yang belum bisa dideteksi oleh AVG.
  • Sayangnya, saat AVG Antivirus menemukan file.exe yang dideteksi sebagai virus, ia akan langsung men-delete. Ini yang sering merepotkan karena kita harus menginstall lagi file.exe yang dihapus tersebut. Selain itu, bisa jadi dokumen kita yang sudah berubah menjadi file exe, akan ikut terhapus sehingga kita akan kehilangan dokumen tersebut. Bisa dibayangkan jika dokumen tersebut adalah dokumen penting yang sangat kita butuhkan. Tentu akan sangat mengganggu pekerjaan kita.
  • Beberapa orang melaporkan bahwa AVG tidak akurat dalam mendeteksi trojan sehingga masih kalah bersih dibandingkan antivirus lain dalam program scanning.
  • Kurang bersahabat dengan pengguna komputer pemula sebab penggunaannya tergolong rumit dan kurang simpel.
Semoga ini bisa membantu dalam mengambil keputusan penggunaan anti virus yang cocok buat sahabat blogger.

1 komentar:

Post a Comment